KONI: Olimpiade Gagal Karena Persiapan Tak Cukup

Olimpiade London
Logo Olimpiade London 2012
Jakarta - Indonesia gagal mempertahankan tradisi emas di Olimpiade 2012. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman menyebut persiapan kurang sebagai penyebabnya.

Olimpiade tahun ini merupakan catatan terburuk bagi Indonesia di 20 tahun terakhir. Indonesia hanya mampu meraih medali dari cabang olahraga angkat besi: Eko Yuli Irawan perunggu, Triyatno menyabet perak.

"Kalau dari kacamata saya sebagai ketua umum KONI, kita harus mengetahui prestasi itu mahal. Artinya, program-program program harus lebih dipersiapkan jauh sebelum 4 tahun lalu sebelum Olimpiade 2012 ini. Tetapi ini tidak," ujar Tono Suratman di Jakarta, Rabu (8/8/2012).

Tono mengakui, salah satu kendala yang dihadapi kontingen-kontingen Indonesia adalah waktu persiapan yang sangat mepet. Namun, ia tidak ingin menyalahkan siapapun. Kini, ia akan fokus untuk menjalankan program-progam ke depan.

"Mestinya, program dipersiapkan 4 tahun sebelum Olimpiade. Di tahun ketiga dan keempat tinggal latihan-latihan intensif dan bertahap. Kemudian atlet mulai masuk babak kualifikasi," papar dia.

"Namun saya melihat, bulutangkis tidak semua mengikuti kompetisi dan kualifikasi. Cabang-cabang unggulan seperti angkat besi, panahan juga. Jadi, kami tidak bisa mencari kuota.

"Jadi saya ke depan akan menjadikan ini sebagai bahan evaluasi. Saya akan memulai dari awal, berkomunikasi dengan KOI dan pemerintah," tukas dia.

Sumber : http://sport.detik..com/read/2012/08/08/154024/1986414/1437/koni-olimpiade-gagal-karena-persiapan-tak-cukup?s99220369

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan kritik dan saran anda agar blog ini dapat menjadi lebih baik :D